Wednesday, February 27, 2008

MEDIA SULAM PITA

MEDIA SULAM PITASep 14, '07 4:29 AM
for everyone

Hampir semua jenis kain dpaat digunakan sebagai media menyulam dengan pita, hanya pilihlah media yang nyaman unutuk menyulam supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Hindari bahan kain yang mudah terkoyak.

Contoh Bahan Kain :

  • Katun : nyaman digunakan karena seratnya tak sulit untuk ditembus jarum & pita dibangkan belacu
  • Sutera ; adalah bahan yang paling nyaman dan sanagt ringan, namun bebrapa sutera mudah koyak dan rusak, jadi jika mengguunakan sutera sebagai media, gunakan lah pita sutera.

PITA

Ada banyak pilihan pita. Masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Ukuran pita yang biasanya digunakan unutk menyulam pita adalah berukuran : 2,4,7 dan 13 mm.

Macam Pita :

  • Pita sutera : mudah digunakan untuk menyulam karena ringan, tekstur halus & lembut
  • Pita satin ; ada yang terbuat dri campuran sutera dan serat sintetik. Jenis ini sedikit lebih tebal, berkilau namum lembut. Pita ini agak menyulitkan ketika ditarik menembus kain. Jika memeng menggunakan pita ini pilihlah jenis tusuk yang dapat dikerjakan dengan mudah namun tetap menghalikan karakter yang diinginkan.
  • Pita organdi : seratnya jarang namum cukup kuat dan tekstrunya tembus pandang. Sehinga sering dipilih unutk mempercantik busana atau pernik-pernik lain yang memerlukan pencucian berulang-ulang.

JARUM

Jarum sangat penting diperlukan untuk membawa pita menembus kain.untuk itu pilihlah jarum yang dapat melewatinya dengan mudah. Satu hal yang penting adalah ukuranlubang mata jarum. Jika menggunakan pita suterapilihlah jarum yg lubangnya besar agar pita mudah masuk & tidak mengumpul atau berkerut.

BENANG

Selain untuk mengikat atau menjahit pita & memanapkan bentuk bunga yang sudah jadi, benang juga digunakan untuk melengkapai desain, seperti putik, tulang daun, tangkai & beberapa kegunaan lainnya.

No comments: